Minggu, 15 Desember 2019

Kunjungan Industri PT. Vitapharm . Lihat cara pembuatan VIVA COSMETICS langsung di pabriknya !!!



HELLO sobat study kuh.

Pada 10 Desember 2019 lalu mahasiswa-mahasiswi kelas pengantar manajemen 2019 di Universitas Narotama berkesempatan mengunjungi pabrik sekaligus kantor pusat dari Viva Cosmetics
PT. Vitapharm yang merupakan salah satu produsen kometik terbesar di Indonesia ini beralamat di Jl. Panjang Jiwo 42, Surabaya.

Acara dimulai dengan sambutan dari Viva Cosmetics dan dosen dari Universitas Narotama
Ibu Hj. I. G. A. Aju Nitya Dharmani,SST,SE,MM
memberikan sambutan selaku dosen pembimbing

Acara dilanjutkan dengan berkenalan lebih dekat bersama Viva Cosmetics. Mulai dari sejarahnya, proses pembuatannya, strategi pemasarannya serta beragam produk dari Viva. 

Ibu Anna, Kepala Unit Promosi Viva Cosmetics
Pengenalan diberikan oleh Ibu Anna. Beliau memperkenalkan berbagai tipe Viva Cosmetics. Tahukan kalian kalau ada 4 jenis kosmetik yang diproduksi oleh PT. Vitapharm?
PT. Vitapharm memproduksi Viva Cosmetics, Viva Queen, Viva White dan Red-A.
Yup yup yup, Red-A dan Viva satu perusahaan sobaaat.
Terus apa yang membedakan Viva Cosmetics, Viva Queen dan Viva White?
Viva Cosmetics adalah produk Viva secara keseluruhan sedangkan Viva Queen adalah varian mereka yang ditujukan khusus untuk wanita karir. Viva White adalah rangkaian skincare dari Viva. Dan Red-A adalah kosmetik yang ditujukan untuk remaja Indonesia. 

Produk Viva
Berbagai produk dari Viva ini sudah menerima penghargaan-penghargaan bergensi loh sobat. 
Salah satunya adalah si pensil alis yang terkenal banget di indonesia, Ya emang sebagus itu bahkan sampai ada dagelan "kalo rumah kebakar selamatin pensil alis viva dulu dong baru harta yang lain" sampai jadi harta paling berhaarga ya sobat hahaha


Bapak Denny , Kepala Divisi Marketing Viva Cosmetics
Materi selanjutnya dibawakan oleh bapak Danny , menjelaskan secara mendetail mengenai cara pemasaran dan quality control produk-produk Viva Cosmetics. Salah satu yang beliau jelaskan adalah, Strategi Distribusi untuk memberi tau pasar dimana masyarakat bisa mendapatkan produk dari Viva Cosmetics dengan mudah di seluruh penjuru Indonesia dari Aceh sampai Papua. W0O0W banget kan !!

Beliau juga menjelaskan bahwa PT. Vitapharm memiliki ruangan khusus untuk menyimpan sampel barang yang diproduksi setiap? harinya atau per batch. Untuk apa?? 
Hal ini dilakukan untuk meneliti jika ada kesalahan atau kerusakan pada produk yang beredar di pasaran.

Sobat study kuh ada yang tau nggak APA PERBEDAAN KONSUMEN DAN PELANGGAN ??
Menurut penjelasan bapak Danny bedanya PELANGGAN mereka melakukan repeat order , sedangkan KONSUMEN ya hanya sekali beli sudah.

Kita juga dijelaskan mengenai cara dan alur pembuatan produk
tidak cuma dengan materi sobat, kita juga diajak untuk berkeliling pabrik untuk melihat langsung seluruh proses mulai dari pembuatan, cek kualitas secara berulang sampai penyimpanan.
Sayangnya, kita tidak diperbolehkan untuk membawa kamera, hp atau alat perekam apapun. Jadi mohon maaf, tidak ada foto di dalam pabriknya. Tapi tenang akan saya coba ceritakan disini

Pertama kita memasuki ruangan pengemasan. Pabrik Vitapharm super bersih dan steril. Jarak antar mesin tidak berdempetan. Sehingga para karyawan tidak perlu berdesak desakan. Jadi sama sekali tidak ada kesan sumpek, yang ada super bersih dan luas.

Setiap ruangan ini tanpa AC loh sobat. Kecuali tempat karyawan kantornya. Jadi bagian pabrik tempat pembuatan produk tidak ada AC hanya ada kipas angin. Itupun pemberian kipas angin juga harus diperhitungkan secara matang, mengapa? Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas produk dalam suhu apapun. Jadi, kalau dibiasakan ada di suhu dingin, produk tidak akan tahan di suhu panas (contoh: lipstick meleleh) oleh karena itu seluruh suhu ruangan sudah diperhitungan sesuai dengan kualitas produk.

Disini kita juga sempat lihat ruang cek kualitas loh.
Gak jauh dari situ kita lihat gudang quality control yang sempat dibahas oleh bapak Denny tadi. Tempat menyimpan sample per batch. Ruangan ini juga tidak ber AC. Alasannya? sama seperti yang di jelaskan tadi ya untuk menjaga kualitas dan memngecek ketahanan barang. Selain itu, karena produk Viva distribusinya tidak hanya di mall besar, mereka juga merambah di toko pasar tradisional dimana di toko tersebut tidak ada AC kan pastinya? Nah, disinilah tercipta produk produk Viva Cosmetics yang tahan berbagai suhu.

Setelah berkeliling pabrik yang luas dan menakjubkan itu membuat kita cukup hungry haha
semua bagaikan kejutan. Viva Cosmetic sudah menyiapkan makan siang untuk kita saat kembali hall, di sela sesi makan siang kita bisa membeli produk dari Viva, BORONG SEMUA MUMPUNG DI PABRIKNYA hahhaha
surprise nya lagi setelah kenyang kita masih mendapat materi cara make up sobat. Dan sebagai penutup acara ada pemberian oleh oleh dan cinderamata antara Universitas Narotama denga PT. VITAPHARM

Penasaaran kan keseruan acaranya ??? Yuk langsung play video dibawah ini

https://youtu.be/i2uG9ncq85I

Tugas pengantar manajemen
Laporan kunjungan industri PT. Vitapharm

Atika Dian Safira - 01219032
Universitas Narotama
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Manajemen Kelas A

Dosen : Hj. I. G. A. Aju Nitya Dharmani,SST,SE,MM

#bangganarotama
#narotamajaya
#thinksmart
#generasiemas
#suksesituaku
#pebisnismudanarotama